Kiat Menghindari Ditolaknya Pinjaman Melalui Aplikasi

Tips to Avoid Denial of Loans through Applications

Mengajukan pinjaman melalui aplikasi smartphone memang sangat mudah, namun bukan berarti bisa disetujui begitu saja. Butuh kiat untuk menghindari ditolaknya pinjaman melalui aplikasi ini.

Mencari dana tambahan untuk kebutuhan mendesak memang tak mudah. Satu-satunya cara adalah melalui pinjaman online yang kini bisa diajukan lewat aplikasi smartphone. Mengapa? Karena aplikasi pinjaman online menawarkan proses yang cepat dan mudah. Meskipun begitu, bisa saja setelah mengajukan pinjaman malah ditolak. Berikut kiat menghindari ditolaknya pinjaman melalui aplikasi yang patut Anda perhatikan.

Perhatikan Usia Anda

Pada beberapa aplikasi pinjaman online, usia merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi calon peminjam. Menurut pasal 330 KUHPer yang belum cukup umur (dewasa) adalah mereka yang belum mencapai umur genap 21 (dua puluh satu) tahun dan belum kawin sebelumnya. Maka berdasarkan pasal tersebut, dapat diartikan bahwa hanya orang yang berumur 21 atau belum berumur 21 namun telah menikah, yang dianggap telah dewasa secara perdata dan dapat mengadakan perjanjian termasuk perjanjian kredit atau pinjaman. Jadi kalau usia Anda kurang dari 21 tahun, sudah dipastikan aplikasi pinjaman langsung tertolak.

Kejelasan Dokumen

Pada pinjaman melalui aplikasi smartphone, Anda pasti akan diminta untuk mengunggah beberapa dokumen seperti KTP. Nah, pastikan foto KTP Anda dapat terbaca dengan jelas, tidak buram, tidak gelap ataupun tidak silau akibat terkena pantulan sinar blitz kamera.

Di Luar Area Layanan

Meskipun pinjaman melalui aplikasi smartphone dapat dilakukan di mana saja, tapi bukan berarti Anda dapat mengajukan pinjaman melalui aplikasi ini di luar daerah layanan mereka. Pastikan dahulu, apakah daerah Anda termasuk ke dalam area layanan pinjaman online ini. Jika tidak, maka secara otomatis pengajuan pinjaman Anda ditolak sistem.

Perbedaan Nama Di KTP Dengan Rekening

Sebagai perusahaan finansial, tentunya mereka bekerja sama dengan beberapa Lembaga lain seperti bank, apalagi jika pencairan dananya langsung ditransfer ke rekening. Oleh karena itu, pastikan nama yang tertera di KTP sudah sesuai dengan nama yang ada di rekening tabungan Anda. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa Anda adalah orang yang sama yang mengajukan pinjaman dan menerima dana pinjaman.

Sulit Dihubungi

Setelah Anda mengajukan pinjaman lewat aplikasi smartphone, maka penyedia jasa pinjaman akan memverifikasi data-data yang Anda berikan melalui telepon atau email. Maka dari itu, pastikan nomor yang Anda tulis di formulir sudah benar. Jangan sampai Anda salah memasukkan nomor telepon. Selain itu, juga usahakan agar nomor telepon Anda dapat dihubungi. Sikap Anda yang kooperatif ini akan mempercepat proses pencairan pinjaman.

Jika semua hal di atas sudah Anda lakukan dengan benar, maka sangat besar kemungkinan kalau pengajuan pinjaman Anda akan diterima. Maka dari itu, perhatikan dengan baik kiat menghindari ditolaknya pinjaman melalui aplikasi ini. Selamat Mencoba!

Administrator Of the Site