Strategi Menghemat Uang Bagi Penghasilan Rendah

Strategi Menghemat Uang Bagi Penghasilan Rendah

Ada dua cara untuk bisa hidup bercukupan meski berpenghasilan rendah. Pertama, menghasilkan lebih banyak uang atau menghabiskan lebih sedikit uang. Tentunya Anda sudah tahu bagaimana cara menghasilkan lebih banyak uang meski Anda berpenghasilan rendah. Tapi di sini, saya tidak akan membahas hal tersebut. Adapun yang akan saya bagikan adalah strategi menghemat uang bagi Anda yang berpenghasilan rendah.

Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah menetapkan prioritas. Ya, rinci semua pengeluaran Anda dari yang penting hingga tidak penting. Setelah itu, Anda bisa mengatur skala prioritas dan membuat perencanaan anggarannya. Yuk, intip seperti apa strateginya!

Kebutuhan (55%)

Ini merupakan pengeluaran utama yang harus Anda penuhi dan tak bisa ditawar lagi. Adapun pengeluaran untuk kebutuhan bisa berupa sewa rumah, tagihan listrik, biaya makan, transportasi, biaya sekolah, dan sebagainya. Ingat, Anda hanya perlu menyisihkan uang 55% dari gaji Anda untuk membayar semua pengeluaran utama ini. Karena itulah, Anda harus pandai-pandai berhemat. Gunakan listrik seperlunya, mulailah memasak makanan di rumah, dan gunakan transportasi umum atau berjalan kaki. Selain gratis, berjalan kaki juga menyehatkan!

Dana Darurat (10%)

Tiada yang tahu apa yang akan terjadi esok. Sedia payung sebelum hujan adalah cara yang tepat untuk mengantisipasi hal-hal buruk di masa depan. Jadi, Anda harus siap untuk hari-hari itu. Oleh karena itu, Anda harus mengalokasikan uang untuk dana darurat sebesar 10% dari penghasilan. Uang dana darurat ini harus berbentuk uang tunai yang bisa digunakan sewaktu-waktu.

Kebebasan finansial (10%)

Apa sih kebebasan finansial? Kebebasan finansial yaitu masa di mana Anda tidak perlu bekerja keras untuk menghasilkan uang. Nah, salah satu caranya adalah dengan melakukan investasi yang bisa berupa saham, emas, property, reksadana, dan sebagainya. Jadi mulailah sisihkan 10% uang dari penghasilan untuk berinvestasi. Berinvestasi di P2P Lending juga bisa menjadi alternative untuk menghasilkan pendapatan pasif yang nantinya bisa menciptakan kelimpahan finansial dalam hidup Anda lho!

Investasikan Diri Anda (10%)

Investasi pada diri sendiri itu sangat penting untuk mengubah hidup Anda. Maka dari itu, jangan takut untuk terus menimba ilmu dengan mengikuti seminar-seminar, pelatihan, workshop, dan sebagainya. Anda harus mendidik diri sendiri. Tidak peduli berapa banyak uang yang Anda miliki, jika Anda tidak memiliki kecerdasan, Anda tidak akan dapat mengelola keuangan dengan bijak.

Kesenangan (10%)

Bersenang-senang itu penting untuk merileksasi pikiran. Tapi ingat, jangan kebablasan. Cukup anggarkan 10% dari pendapatan Anda tiap bulan. Anda pun bisa menikmati waktu santai di weekend dengan kumpul ngopi bersama teman-teman, atau pergi berlibur, atau sekedar menonton bioskop.

Sedekah (5%)

Percaya atau tidak, bahwa uang yang Anda berikan pada orang lain sebagai sedekah itu akan kembali pada Anda melebih dari yang Anda beri. Itulah keajaiban sedekah. Selain memperlancar rezeki, ternyata sedekah juga dapat melatih diri Anda untuk selalu hidup dalam rasa syukur. Jadi mulailah memberikan sumbangan kepada anak yatim, tunawisma atau sekedar membeli makan untuk hewan-hewan liar.

Demikianlah strategi menghemat uang bagi Anda yang berpenghasilan rendah yang dapat Anda ikuti. Selain dapat mengelola keuangan dengan baik dan hidup berkecukupan, Anda juga bisa mendapatkan kebahagiaan batin. Anda juga dapat memodifikasi strategi tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun yang pasti, tabungan dana darurat, investasi untuk kebebasan finansial dan Pendidikan untuk investasi diri merupakan tiga hal yang harus Anda prioritaskan jika Anda belum berada dalam situasi berpenghasilan cukup. Selamat Mencoba!

Administrator Of the Site

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *