Lakukan Langkah Ini Jika Aplikasi Pinjaman Anda Ditolak

Lakukan Langkah Ini Jika Aplikasi Pinjaman Anda Ditolak

Saat ini proses pengajuan pinjaman sangatlah mudah dan bisa dilakukan melalui online. Meskipun begitu, kemudahan ini bukanlah jaminan kalau aplikasi pinjaman Anda akan disetujui. Tahukah Anda, setiap aplikasi pinjaman akan menjalani proses analisa kredit. Proses inilah yang nantinya akan menentukan apakah aplikasi pinjaman Anda disetujui atau ditolak.

Lantas bagaimana jika aplikasi pinjaman Anda ditolak? Tenang, gak usah panik. Lakukan langkah ini jika aplikasi pinjaman Anda ditolak.

1. Cari tahu penyebab ditolaknya aplikasi pinjaman Anda

Ada banyak alasan yang mendasari bank untuk menolak aplikasi pinjaman Anda. Oleh karena itu, Anda bisa mulai berbenah diri untuk mengetahui apa penyebab aplikasi pinjaman Anda ditolak bank.

Bank menolak aplikasi pinjaman dikarenakan beberapa hal, di antaranya Anda memiliki riwayat kredit buruk, gaji terlalu kecil, reputasi perusahaan tempat Anda bekerja buruk, persyaratan tidak lengkap, status kepegawaian tidak jelas, dan jaminan yang diajukan tidak layak. Cari tahu, apakah Anda masuk dalam kriteria tersebut atau tidak.

2. Perbaiki riwayat BI Checking Anda

Setiap pengajuan pinjaman di bank pasti melalui proses analisisi, salah satunya melalui pengecekan BI Checking. Bank akan mengecek skor kredit Anda, apakah sebelumnya Anda pernah memiliki riwayat kredit macet atau tidak. Jika ya, ini menjadi alasan bank tidak menyetujui aplikasi pinjaman online.

Solusinya, perbaiki riwayat kredit terdahulu Anda dengan cara melunasinya. Jika riwayat kredit Anda sudah membaik, bawa surat klarifikasi dari tempat Anda berutang yang menunjukkan bahwa Anda telah menuntaskan kewajiban kredit Anda sebelumnya.

3. Cek kembali dokumen persyaratan yang diminta

Karena tergesa-gesa, terkadang ada dokumen persyaratan yang tidak dilengkapi. Oleh karena itu, setelah menerima penolakan dari bank, ada baiknya Anda untuk mengecek kembali dokumen persyaratan yang diajukan.

Pastikan seluruh dokumen persyaratan sudah dilengkapi sesuai ketentuan bank. Jangan lupa perhatikan masa berlaku dokumennya. Karena, dokumen-dokumen tersebut nanti akan digunakan bank sebagai validasi ketika Anda mengajukan kredit. Apabila dokumennya tidak lengkap, maka besar kemungkinan bank akan menolak pengajuan pinjaman Anda.

4. Kurangi pengeluaran Anda

Pengeluaran yang berlebihan bisa menjadi penyebab bank menolak pengajuan pinjaman Anda. Oleh karena itu, sebelum mengajukan pinjaman ke bank sebaiknya Anda menghitung rasio kredit dari gaji Anda. Bank menetapkan rasio kredit tidak lebih dari 30%. Artinya, batas pengeluran Anda adalah 30% dari gaji setiap bulannya.

Ketika pengeluaran Anda melewati batas tersebut, maka kemungkinan pengajuan pinjaman Anda akan sangat kecil disetujui. Hal ini dikarenakan bank meragukan kemampuan membayar Anda terhadap cicilan pinjaman kredit yang Anda ajukan.

Mengevaluasi kembali hal-hal yang menjadi penyebab pinjaman ditolak membuat Anda lebih memahami cara mengelola keuangan menjadi lebih baik lagi. Jangan terburu-buru untuk mengajukan pinjaman ke bank lain sebelum Anda benar-benar memenuhi semua persayaratan bank.
Asal Anda sudah melakukan langkah-langkah seperti yang disebutkan di atas, maka saat Anda akan mengajukan pinjaman kembali, Anda tidak perlu khawatir pengajuan akan ditolak lagi.

Administrator Of the Site