Bisakah Mendapatkan Keringanan Bunga untuk Pinjaman Berulang?

Can I get a decrease interest on repeat loans?

Ketika pinjaman pertama selesai dan Anda akan mengajukan pinjaman ulang, apakah Anda bisa mendapatkan keringanan bunga?

Tingkat suku bunga pada perusahaan finansial technology (fintech) umumnya diberikan berdasar pada risiko atas kemampuan Anda mengembalikan pinjaman. Semakin kecil risiko, maka tingkat bunga yang dibebankan juga semakin rendah. Tingkat risiko peminjam ini biasanya diwakili oleh credit score.

Credit score atau penilaian kredit adalah system yang digunakan oleh bank atau Lembaga pembiayaan lain untuk menentukan apakah Anda layak mendapatkan pinjaman atau tidak. Credit score inilah yang menjadi penilaian perusahaan fintech untuk menyetujui pengajuan pinjaman Anda atau tidak. Lantas apa saja fungsi credit score?

Fungsi Credit Score

Adapun fungsi dari credit score adalah sebagai berikut:

  1. Membantu perusahan fintech menentukan pinjaman Anda layak disetujui atau tidak
  2. Menentukan besarnya pinjaman yang akan diberikan
  3. Menentukan jangka waktu pinjaman
  4. Menentukan besarnya bunga pinjaman yang akan dibebankan.

Jika nilai credit score Anda kecil, artinya bunga pinjaman yang dibebankan ke Anda akan lebih tinggi karena risiko yang ditanggung perusahaan fintech cukup besar.

Pinjaman Berulang Dapat Keringanan Bunga?

Seperti yang diketahui bahwa besaran bunga ditetapkan berdasarkan tingkat credit score yang Anda miliki. Lantas, bagaimana bila Anda ingin melakukan pinjaman berulang? Apakah Anda akan mendapatkan bunga yang rendah?

Untuk memastikan hal tersebut, maka Anda harus melihat credit score yang Anda miliki. Jika pinjaman sebelumnya Anda suka membayar terlambat atau pernah nunggak, maka credit score akan menilai performa kredit Anda buruk. Dengan demikian, Anda tidak akan mendapat bunga yang rendah untuk pinjaman selanjutnya. Meskipun pinjaman sebelumnya telah dilunasi.

Akan tetapi jika pinjaman sebelumnya Anda melunasinya dengan lancar dan tepat waktu, maka credit score akan menilai performa kredit Anda baik. Otomatis Anda akan mendapatkan keringanan bunga pada pinjaman berikutnya.

Perbaiki Credit Score Sekarang!

Untuk mendapatkan bunga rendah pada tiap pinjaman tunai, maka mulailah untuk memperbaiki credit score Anda. Jika masih ada tunggakan pada pinjaman sebelumnya, segera lunasi dan mulailah untuk mengajukan pinjaman sesuai dengan kemampuan membayar Anda sehingga Anda dapat melunasi pinjaman tepat waktu.

Semakin Anda membayar pinjaman tepat waktu, maka credit scora akan membaik dan otomatis Anda akan mendapatkan bunga rendah di tiap pinjaman karena Anda telah membangun reputasi dan kepercayaan pada Lembaga keungan bahwa Anda memiliki kemampuan untuk membayar pinjaman.

Administrator Of the Site