5 Kejadian Yang Membutuhkan Dana Darurat

Dana darurat atau emergency fund memiliki fungsi sebagai pembayaran awal saat ada peristiwa atau kejadian mendadak yang terjadi dalam kehidupan Anda. Inilah 5 kejadian yang membutuhkan dana darurat yang patut Anda waspadai.

Dana darurat atau emergency fund memiliki fungsi sebagai pembayaran awal saat ada peristiwa atau kejadian mendadak yang terjadi dalam kehidupan Anda. Inilah 5 kejadian yang membutuhkan dana darurat yang patut Anda waspadai.

Dana darurat adalah dana simpanan yang dapat digunakan pada keadaan genting atau mendesak, seperti untuk membayar rumah sakit, kecelakaan, renovasi rumah atau mobil, dan sebagainya yang sifatnya mendadak atau tiba-tiba.

Dana darurat ini memiliki peran penting dalam sebuah keluarga, terutama pada keadaan genting atau mendesak. Bayangkan jika Anda tak memiliki dana darurat, pastinya aliran keuangan Anda akan langsung berantakan seketika dan dapat berakibat tidak terpenuhinya kebutuhan harian Anda.

Seseorang harus memiliki dana darurat sedikitnya 6 kali besar gaji per bulannnya atau 6 kali dari biaya hidup bulanan Anda. Dana darurat ini harus cukup memenuhi kebutuhan Anda sampai Anda kembali pada posisi semula.

Selain dapat menjaga kestabilan finansial, dana darurat juga bisa membantu menurunkan tingkat stress dan mencegah Anda berbelanja secara impulsif karena Anda telah memiliki pegangan. So, kapan waktu yang tepat untuk menggunakan dana darurat Anda? Berikut 5 kejadian yang membutuhkan dana darurat.

1. Sakit

Kondisi yang bisa menimpa siapa saja dan kapan saja ini, memerlukan biaya mendadak yang tidak sedikit. Apalagi kalau kita ketahuan mengidap suatu penyakit, tentunya biaya yang dikeluarkan akan lebih besar untuk menyembuhkannya. Pada saat inilah dana darurat digunakan. Bahkan banyak yang mencari pinjaman tunai untuk menutupinya.

2. Kehilangan pekerjaan

Saat Anda kehilangan pekerjaan, dana darurat biasa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pada saat ini dana darurat diperlukan untuk menjaga kondisi keuangan agar tetap stabil hingga Anda kembali mendapatkan pekerjaan.

3. Renovasi rumah atau mobil

Rumah yang tiba-tiba bocor atau mobil yang mendadak mogok di tengah jalan, memerlukan biaya perbaikan yang tak sedikit. Pada saat seperti itulah, Anda memerlukan dana tak terduga untuk memperbaikinya. Jika tidak, maka rumah atau mobil Anda akan rusak terlalu lama. Biaya dadakan ini biasanya diambil dari dana darurat yang selama ini Anda simpan.

4. Saat bencana

Kebakaran atau banjir adalah bencana yang tak bisa kita hindari. Kerusakan yang terjadi akibat bencana ini membuat kondisi keuangan berantakan, bahkan Anda mengalami banyak kerugian. Dana darurat digunakan untuk memulihkan keadaan agar kembali seperti semula.

5. Biaya Pendidikan

Semakin hari biaya pendidikan semakin mahal. Meskipun Anda sudah menyiapkan dana Pendidikan untuk anak-anak, namun terkadang Anda masih membutuhkan dana tambahan. Saat seperti ini, dana darurat biasanya digunakan untuk bantu menutupi kekurangan biaya Pendidikan. Jika tidak, mungkin Anda bisa mengajukan pinjaman ke beberapa Lembaga keuangan.

Administrator Of the Site