5 Cara Berhemat Saat Travelling

5 Cara Berhemat Saat Travelling

Selain untuk menyegarkan pikiran dari jenuhnya rutinitas, travelling merupakan salah satu cara menghargai diri sendiri. Ya, setelah bekerja keras, Anda layak menghadiahi diri dengan travelling. Meski begitu, masih banyak yang khawatir pengeluarannya membengkak saat travelling.

Sebenarnya, ada cara menghemat saat travelling. Salah satunya dengan merencanakan pengeluaran selama travelling. Hindari berutang untuk travelling apalagi kalau Anda terlalu mudah menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan tidak mendesak. Berikut, 5 cara berhemat saat travelling.

1. Manfaatkan Promo atau Diskonan

Saat ini banyak Online Travel Agencies (OTA) memberikan promo atau diskonan yang bisa digunakan untuk menghemat pengeluaran travelling. Mulai dari diskon tiket pesawat, kamar hotel, transportasi, restaurant, hingga tempat-tempat atraksi wisata.

Nah Anda bisa memanfaatkan promo atau diskon ini untuk travelling. Caranya, gabung dengan komunitas travel atau menjadi member OTA supaya Anda bisa menjadi orang pertama yang diberitahu saat acara promo dan diskon ini berlangsung.

2. Pilih Penginapan yang Murah Tapi Tidak Murahan

Selain mendapatkan promo atau diskonan, ada baiknya Anda memilih penginapan yang murah tapi tidak murahan seperti hotel bintang satu, homestay, hostel ataupun apartemen. Apalagi jika Anda hanya sekedar singgah atau transit, tempat-tempat tersebut bisa menjadi pilihan untuk menginap sementara. Karena selain lebih hemat, harganya juga lebih murah dibanding menginap di hotel mewah yang harganya selangit.

3. Selalu Bawa Botol Minum Sendiri

Di beberapa negara maju, terdapat kran air siap minum yang berada di beberapa tempat umum seperti taman. Nah dengan membawa botol minum sendiri, Anda bisa mengisi ulang air minum yang dibutuhkan. Cara ini lebih murah daripada membeli air mineral botol yang harganya sangat mahal. Selain bisa berhemat, Anda juga bisa sekaligus peduli lingkungan dengan mengurangi sampah botol plastik. Jadi mulai sekarang, selalu siapkan botol minum sendiri ya!

4. Gunakan Angkutan Umum

Meskipun terlihat ribet dan capek, tapi percaya deh dengan menggunakan angkutan umum saat liburan bisa menghemat uang lebih banyak. Apalagi di beberapa negara maju, angkutan umum mereka sudah sangat aman dan nyaman. Anda bisa memilih naik kereta (train), MRT, bus, atau angkutan umum lainnya.

Anda bisa menggunakan taksi atau angkutan online bila memang kondisinya mendesak seperti saat harus mengejar jadwal penerbangan. Daripada berisiko ketinggalan pesawat, lebih baik gunakan taksi kan?

5. Liburan Bareng

Terakhir, tidak ada salahnya jika liburan dilakukan beramai-ramai bersama sahabat atau keluarga tercinta. Selain seru, Anda juga bisa menghemat pengeluaran karena bisa berbagi pengeluaran (share cost) akomodasi dan transport selama liburan.

Bepergian bersama 3-5 orang atau ikut open trip mampu menekan biaya liburan Anda. Jika dirasa masih kurang, Anda bisa mengajukan pinjaman online Cashwagon untuk mendapatkan tambahan uang travelling.

Administrator Of the Site

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *