3 Langkah Merencanakan Tabungan Untuk Tahun Baru

3 Langkah Merencanakan Tabungan Untuk Tahun Baru

Tahun baru sebentar lagi tiba. Apa rencana Anda untuk tahun baru? Jika belum ada, mari kita ikuti 3 langkah merencanakan tabungan untuk tahun baru.

Resolusi keuangan adalah salah satu perencanaan yang harus dimiliki untuk menyongsong masa depan. Ia bisa menjadi panduan untuk menentukan arah dan strategi mencapai impian yang Anda inginkan.

Sedangkan tahun baru adalah waktu yang tepat untuk berpikir ke depan dan mengantisipasi semua kemungkinan masa depan. Karena itulah, resolusi keuangan di tahun baru menjadi dasar untuk meraih kesuksesan di masa akan datang.

Tentunya, sebuah rencana keuangan yang baik terdiri dari tujuan, jangka waktu dan strategi mencapainya. Dan rencana tabungan baru merupakan salah satu strategi dari resolusi keuangan yang hasil akhirnya dapat mewujudkan impian Anda.

Nah, jika Anda ingin membuat rencana tabungan untuk tahun baru dan belum tahu langkah-langkahnya, ada baiknya simak 3 langkah berikut:

1. Buat daftar tujuan jangka pendek dan jangka Panjang

Menentukan tujuan akhir dari rencana tabungan Anda bisa menjadi motivasi tersendiri. Oleh karena itu, tentukan tujuan jangka pendek dan jangka Panjang Anda lalu buat prioritas. Jika Anda sudah melakukannya, kini saatnya untuk fokus pada rencana dan pencapaian akhir Anda.

Ingat, rencana keuangan yang baik adalah yang memiliki tujuan finansial sederhana, dapat dicapai dan terukur. Jadi usahakan rencana keuangan yang kamu buat sudah memenuhi semua kriteria tersebut ya…

2. Tentukan jumlah, frekuensi dan produknya

Setelah Anda membuat daftar rencana, kini tentukan jumlah dan frekuensi Anda menabung. Apakah itu seminggu sekali, sebulan sekali, dengan nominal Rp100 ribu atau Rp500 ribu? Hitung jumlah nominal yang akan Anda tabungkan dengan benar setelah dikurangi biaya-biaya untuk kebutuhan sehari-hari. Jangan sampai nominal yang akan Anda tabungkan mengganggu biaya kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, pilih produk keuangan dan alokasikan di tempat yang berbeda-beda. Pahami kalau tabungan hanya cocok untuk tujuan keuangan dengan jangka waktu hingga 2 tahun, dan investasi cocok untuk tujuan keuangan dengan jangka waktu di atas 2 tahun. Pastikan Anda mengerti profil risiko investasinya.

3. Monitor rencana tabungan Anda

Setelah semua perencanaan dijalankan, jangan lupa untuk memonitor dan mengevaluasi perkembangan atas dana yang telah Anda tabung atau sisihkan. Evaluasi dan monitor ini dilakukan setidaknya setahun 2 kali untuk mengetahui apakah dana yang dikelola masih sesuai dengan perencanaan Anda.

Nah, itulah tiga langkah mudah memulai perencanaan tabungan untuk tahun yang baru. Mari sambut tahun baru dengan keuangan yang lebih baik, terencana, dan sehat agar Anda bisa menyongsong masa depan lebih baik lagi. Selamat tahun baru 2019!

Administrator Of the Site